1. lain, melibatkan komunikasi dengan orang lain, serta

1.

a. 7Konteks proses komunikasi di antaranya yaitu komunikasi intrapersonal,komunikasi interpersonal, komunikasikelompok, komunikasi organisasi, komunikasi publik, komunikasi massa, dankomunikasi antar budaya. Komunikasi intrapersonal yaitu komunikasi yangterjadi untuk mendefinisikan diri pribadi kita sendiri. Komunikasi ini terjadiuntuk mengenal dan membentuk pandangan tentang diri sendiri serta menkonsepkansiapakah diri kita.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Komponen komunikasi intrapersonal yaitu komunikasi dandiri. Diri adalah sistem pandangan yang dibentuk dari kegiatan berkomunikasidengan orang lain. Diri merupakan sistem pandangan yang terus berubah. Orangyang memengaruhi kita bagaimana kita memaknai diri kita sendiri dan pengalamandapat merubah makna atau pandangan kita tentang diri sendiri.Komunikasiinterpersonal yaitu fasilitas tempat dibentuk, tumbuh, berkembang, hinggahancurnya berbagai macam hubungan.

Komunikasi ini merupakan komunikasi yangdilakukan oleh seseorang dengan orang lain. Komunikasi ini merupakan suatukegiatan yang prosesual, selektif, unik, dan sistemik yang memperbolehkanmanusia untuk membentuk pandangan tentang orang lain serta membuat maknatertentu.Komunikasikelompok yaitu komunikasi yang terjadi di antara beberapa manusia dalam jumlahyang sedikit yang saling memengaruhi di antara seluruh anggotanya, mempunyaiperasaan saling memiliki satu sama lain, dan mempunyai kesamaan tujuanKomunikasiorganisasi yaitu kegiatan berupa interaksi yang dilakukan untuk mencapai tujuanyang telah disepakati bersama.

Komunikasi organisasi yaitu komunikasi yangterjadi di antara beberapa orang yang mempunyai struktur kepengurusan dan telahmenetapkan tujuan. Komunikasipublik yaitu kegiatan berupa penyebaran informasi yang dilakukan oleh satuorang kepada orang dalam jumlah banyak. Komunikasi publik membutuhkan banyakorang atau audience seperti yangterjadi ketika berpidato, stand up comedy,dan seminarKomunikasimassa yaitu kegiatan menyampaikan pesan atau informasi kepada khalayak besaryang mana penyampaian pesan tersebut dilakukan melalui media massa sepertitelevisi, radio, buku, majalah, film, serta surat kabarKomunikasiantar budaya yaitu komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang dengan latarbelakang budaya yang berbeda. Komunikasi antar budaya bisa terjadi ketikaseseorang melakukan adaptasi atau menyesuaikan diri dengan budaya yang berbedadengan budaya diri sendiri.1. b. Karakteristik dari komunikasi intrapersonalyaitu terjadi pembentukan diri sebagai akibat dari terjadinya komunikasi denganorang lain, melibatkan komunikasi dengan orang lain, serta memfokuskan kepadapemaknaan tentang diri sendiriKarakteristikdari komunikasi interpersonal yaitu unik, sistemik, prosesual, selektif,melibatkan orang lain, adanya pesan timbal balik, bisa berlangsung baik lamamaupun hancur di tengah jalan.

Karakteristikdari komunikasi kelompok yaitu melibatkan beberapa manusia dalam jumlah yang sedikit (small group), adanya komunikasi yangdilakukan antara satu anggota dengan anggota yang lain di dalam kelompoktersebut, serta komunikasi yang terjadi saling memengaruhi seluruh anggotakelompokKarakteristikdari komunikasi organisasi yaitu melibatkan beberapa orang, adanya strukturorganisasi yang menimbulkan terjadinya komunikasi secara vertikal danhorizontal, adanya jaringan komunikasi antara satu jabatan dengan jabatan yanglain, serta adanya hubungan kepada lingkungan luarKarakteristikdari komunikasi publik yaitu melibatkan satu pembicara, melibatkan orang dalamjumlah banyak atau audience sebagaipendengar, adanya interaksi yang minim di antara pembicara dan pendengar, pembicarayang lebih dominan daripada pendengar, serta diperlukannya tanggung jawab yangtinggi bagi pembicara untuk menyiapkan materi Karakteristikdari komunikasi massa yaitu melibatkan khalayak besar yang heterogen,memerlukan media berupa media massa untuk menyampaikan informasi dan pesan,adanya interaksi antara sumber dengan pendengar yang kurang, berperannya mediamassa (sebagai organisasi) sebagai sumber, serta penyampaian informasi yangdilakukan bukan dari satu individu kepada individu yang lain (impersonal). Karakteristikdari komunikasi antar budaya yaitu melibatkan orang dengan perbedaan latarbelakang budaya, termasuk peristiwa yang kompleks dan sarat akan nilai-nilaiyang dikandungnya karena menyangkut beberapa aspek atau bidang kehidupan. 2. a. Yang dimaksud dengan budaya menurut Tylor adalahaspek-aspek seperti kepercayaan, adat istiadat, seni, hukum, pengetahuan yangkompleks dan menyatu satu sama lain yang dipahami dan ditanamkan di dirimasyarakat. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain.

2. b.  Hubungan yang terjadi antara budaya dankomunikasi yaitu komunikasi digunakan untuk menciptakan, melestarikan, danmengubah budaya. Komunikasi sangat berhubungan erat dengan budaya karena budayadiekspresikan, diteruskan dari satu generasi kepada generasi berikutnya, sertadiubah melalui komunikasi.  Budayamembentuk sifat dan perilaku manusia seperti bagaimana cara kita berbicara,bagaimana aturan dalam menjaga jarak ketika berhubungan dan berkomunikasidengan orang lain, serta bagaimana cara melakukan interupsi  atau memotong pembicaraan di tengah-tengahdialog dengan baik. Selain itu, di dalam kegiatan berkomunikasi, kitamempelajari perspektif dan aturan budaya. Kita mempelajari nilai budaya kitaketika kita mempelajari suatu bahasa.

 2. c. Di negara maupun di dunia ini, terdapat budayayang beraneka ragam.

Beragamnya budaya memunculkan manusia dengan sifat danperilaku yang bermacam-macam. Akibatnya, ketika berkomunikasi dengan oranglain, komunikasi tersebut terjalin dengan adanya perbedaan latar belakangbudaya baik suku, ras, agama, nilai, aturan budaya, dan sebagainya. Adanyaperbedaan latar belakang budaya ini menyebabkan komunikasi harus dilakukan denganhati-hati dengan memerhatikan nilai dan aturan budaya tersebut agar tidakmerendahkan bahkan mencela budaya yang berbeda dari budaya kita sendiri.

Untukitu, diperlukan penerapan sikap yang baik ketika berkomunikasi dengan  menghadapi orang-orang yang berbeda budaya.Sikap yang harus kita terapkan dalam merespon perbedaan budaya dalamberkomunikasi yaitu kita harus mengenali budaya orang lain tersebut. Janganterus menerus menganggap bahwa budaya orang lain itu sama dengan budaya kita.Lalu, kita tidak boleh terlalu menyerap gambaran umum (stereotip) tentang suatubudaya, seperti ada stereotip bahwa orang Padang itu pelit, karena belum tentusemua orang di budaya tersebut (Padang) seperti itu (pelit). Selain itu, kitaharus menyesuaikan perilaku berbicara kita dengan budaya orang lain tersebut.Contohnya yaitu orang Jakarta yang berbicara dengan bahasa gaul “gue-elo” harusmenyesuaikan perilaku bicaranya ketika berbicara dengan orang Jogjakarta yangberbicaranya halus dengan menggunakan “aku-kamu”.

 3. a. Yang dimaksud dengan teknologi yaitu sesuatuberupa barang yang dibuat oleh manusia sebagai alat untuk mempermudah,memperluas jangkauan manusia, serta menjangkau kesulitan manusia sehinggakepentingan dan kebutuhan manusia dapat terpenuhi.

 3. b. Teknologi komunikasi memiliki keunikan yang khasdibandingkan dengan teknologi lainnya. Teknologi komunikasi memudahkan danmemperkuat manusia dalam mencari, memilih, mengubah, menyimpan, mengirim, danmemanfaatkan pesan. Pesan tersebut nantinya dipakai untuk menciptakan pesanbaru. Keunikan teknologi komunikasi tersebut ditemukan dari adanya fungsiteknologi komunikasi yaitu produksi, distribusi, penerimaan, serta penyimpananinformasi dan pesan. Selain itu, teknologi komunikasi dipakai di semua jeniskonteks seperti adanya teknologi komunikasi intrapersonal, interpersonal,kelompok, organisasi, dan massa.