Dewasa (2009: 62-63) “waktu untuk mendidik sisa dalam

Dewasa ini, seiring dengan perkembangan zaman yangsemakin moderen belajar menjadi hal yang penting dalam meningkatkan kualitassumber daya manusia.

Belajar dalam dunia pendidikan umumnya dilakukan denganmenggunakan beberapa sistem, salah satunya sistem belajar 8 jam sehari atauyang umum dikenal dengan fullday school.Sistem belajar 8 jam sehari sangat baik untuk diterapkan disekolah maupununiversitas karena dapat membantu dalam membentuk karakter siswa melaluipendidikan. 1.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

2 PertanyaanBerdasarkan latarbelakang diatas, pertanyaan yang diajukan penulis adalah sebagai berikut.1.      Apaitu sistem belajar 8 jam sehari?2.      Apamanfaat menggunakan sistem belajar 8 jam sehari?3.

      Mengapasistem belajar 8 jam sehari sangat baik umtuk diterapkan di sekolah? 1.3 TujuanTujuan penulisanartikel ini adalah:1.      Mengetahuipengertian sistem belajar 8 jam sehari2.      Mengetahuimanfaat sistem belajar 8 jam sehari3.      Mengetahuialasan sistem belajar 8 jam baik untuk diterapkan disekolah BAB IIPEMBAHASAN            Sistem belajar 8 jam sehari atauyang dikenal dengan istilah fulldayschool  adalah sistem belajarsepanjang hari atau proses belajar mengajar yang diberlakukan dari pagi harisampai sore hari selama 5 hari dalam seminggu. Sistem belajar ini berlangsungpada selang waktu 07.00 sampai 17.

00 dan 2 jam waktu istrahat pada pukul11.00sampai 13.00 pada hari senin sampai jumat dan libur pada hari sabtu dan minggu.”hal yang diutamakan dalam sistem fullday school  adalahpengaturan jadwal mata kuliah dan pendalaman materi” (Bahruddin ,2010: 22).

Denganpengaturan jadwal belajar dan pendalaman materi, siswa akan lebih baik kualitasbelajarnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa tidak suka belajar sendiridan lebih suka jika diajari oleh guru atau dosen  di sekolahnya. Selain itu, pada sistem iniwaktu belajar tidak hanya digunakan untuk membahas teori saja, akan tetapi jugaakan langsung pada pengaplikasiannya. Belajar dengan cara demikian memungkinkansiswa tidak hanya menghafal konsep pelajaran akan tetapi siswa juga dapatmengetahui bagaimana pengaplikasian materi yang dipelajari sebagaimana kata Muhamadseli (2009: 62-63) “waktu untuk mendidik sisa dalam sistem fullday school  waktu untukbelajar dalam sistem ini lebih banyak sehingga tidak hanya mengajarkan teoritetapi dapat langsung diaplikasikan.”            Mendikbud Muhadjir Effendimengatakan bahwa “sistem belajar 8 jam sehari merupakan implementasi dariprogram penguatan penidikan karakter (PPK) yang menitik beratkan  lima nilai utama yaitu religious, nsionalis,gotong royong, mandiri dan integritas” (harian kompas.

com :12- 06- 2017).Selain membuat siswa lebih menguasai konsep pelajaran dan pengaplikasiannya,Sistem belajar 8 jam sehari juga memungkinkan sekolah untuk menambah extrabelajar tentang pendidikan karakter siswa. Dengan adanya waktu tambahandisekolah siswa dapat mempelajari pelajaran tambahan yang tidak kalah pentinnyadengan pelajaran sekolah yaitu pendidikan karakter. Pendidikan karakter inibertujuan untuk menumbuhkan sifat integritas, nasionalis, toleransi.

            Setelah melakukan kegiatan belajarpada hari senin sampai jumat, siswa akan libur selama dua hari pada sabtu danminggu. Waktu ini dapat dipergunakan oleh siswa untuk sejenak melepas kepenatansetelah lima hari focus belajar. Pada hari libur ini juga siswa dapatmenghabiskan waktu bersama kerabat dan keluarga. Namun demkian, siswa tidakboleh terlalu terlena dengan waktu libur tetapi juga harus tetap bersiap intukbelajar lagi di minggu selanjutnya. BAB IIIPENUTUP3.1 KesimpulanBerdasarkan pemaparan diatas dapatdisimpulkan bahwa sistem belaja 8 jam adalah sistem belajar yang berlangsungselama sepanjang hari pada hari senin sampai dengan jumat. Sistem belajar 8 jammemiliki manfaat antara lain untuk meningkatkan kualitas belajar siswa, dan membentukkarakter sisiwa yang menitik beratkan nilai religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, dan integritas.Untuk itu sistem belajar 8 jam sehari sangat baik untuk di terapkan dalam duniapendidikan sebagai media pembentukan karakter siswa.

3.2 SaranBerdasarkankesimpulan, saran yang di kemukakan yaitu 1.      Memperbaikikualitas belajar jika perlu ditingkatkan.2.

      Memanajemenwaktu dengan baik sehingga tidak merasa terbebani dengan jadwal yang padatselama hari senin sampai jumat3.      Mengikutidengan sesungguhnya nasihat dari guru atau pembimbing karakter.4.

      Menjaganilai- nilai seperti toleransi dan integritas supaya tetap tertanam dalam diri. 3.3 SolusiDalam pelaksanaannya sistem belajar 8jam akan menimbulkan rasa terbebani bagi siswa karena jadwal yang akan terasalebih padat. Oleh karena itu, manajemen waktu sangat penting untuk dilakukanagar suasana belajar tetap terasa ringan dan menyenangkan. Selain itu, dalampelaksanaannya sistem belajar 8 jam diharapkan dilakukan secara bergantianantara belajar dan extrakurikuler sehingga siswa tidak mudah merasa jenuh dalambelajar.