Porter tentang kegiatan apa yang akan dan tidak

Porter dalam Ridwansyah (2017) mengemukakantentang strategi bahwa strategi memiliki peran sebagai payung yang memagariberbagai taktik dalam hal ini adalah taktik pemasaran yang dilakukan olehperusahaan agar bermuara pada satu tujuan.

Strategi akan memunculkan pilihanbagi perusahaan dan menjadi panduan bagi perusahaan tentang kegiatan apa yangakan dan tidak akan dilakukan (Ridansyah, 2017).Nitisemito dalam Yuliana (2013) berpendapat bahwastrategi merupakan rencana yang disatukan, bersifat luas dan berintegrasi padahal hal yang berhubungan dengan keunggulan startegis perusahaan terhadaptantangan lingkungan. Dirancang untuk memastikan tujuan perusahaan dapatterlaksana dengan tepat oleh organisasi (Yuliana, 2013).Kertajaya (2015) berpendapat bahwa strategipemasaran seharusnya disesuaikan terhadap situasi dan kondisi lapangan dansituasi persaingan yang selalu berubah mengikuti zaman (Kertajaya, 2015).Abdurrahman (2015) memahami bahwa strategimerupakan kesatuan rencana yang menyeluruh, komperhensif, dan terpadu yangdiarahkan guna mencapai tujuan perusahaan. Startegi hampir selalu dikaitkan denganarah, tujuan, dan penentuan posisi suatu organisasi dengan memperhitungkanlingkungan sekitar (Abdurrahman, 2015).

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Ridwansyah (2017) berpendapat bahwa menurutnyadalam konteks bangunan pemasaran strategi tidak dapat dirasakan langsung olehpara konsumen karena strategi adalah sebatas perencanaan diatas kertas yangtidak langsung bersentuhan dengan pelanggan. Hal yang meliputi strategi adalahsegmenting, targeting, dan positioning (Ridwansyah, 2017) :a.       Segmentasipasar merupakan suatu usaha untuk meningkatkan ketepatan pemasaran perusahaan.Sebuah perusahaan tidak dapat melayani seluruh pelanggan di pasar yang sangatluas. Pelanggan terlalu banyak dan tuntutan pembelian mereka berbeda-beda.Perusahaan perlu mengidentifiasi segmen pasar yang dapat dilayaninya secarapaling efektif.b.

      Targetingadalah pembidikan salah satu atau beberapa segmen khusus berdasarkan segmensegmen yang telah ditentukan. Perusahaan dapat membidik satu segmen ataubeberapa macam segmen tergantung bisnisnya.c.

       positioningmerupakan suatu persepsi pikiran konsumen tentang bagaimanakah produk yangdimiliki oleh perusahaan. Hal ini dilakukan setelah penentuan segmendilaksanakan dan telah mendapat target yang jelas.